Karya

Ada sebuah kisah tentang kehidupan seorang sahabat Rasulullah SAW. Suatu hari seorang kakek yang sudah amat renta terlihat sibuk menanam biji-bji kurma di kebunnya. Dia begitu tekun membuka tanah dan memasukkan bibit-bibit kurma itu ke dalamnya lalu menutup tanah tersebut dengan hati-hati.

Senyumnya sesekali tersungging di sudut bibirnya yang sudah keriput. Dia begitu menikmati pekerjaan itu.

Tanpa disadarinya, seseorang lewat di depannya. Orang itu berhenti di dekat sang dan mengamati orangtua tersebut yang masih saja asyik menanami bubut kurma. Orang tersebut bertanya dengan penuh keheranan, “Wahai orang tua, rajin sekali Engkau menanam pohon kurma? Bukankah kurma itu akan berbuah 25 tahun yang akan dating, sedangkan Engkau saat itu sudah tiada lagi.”

Kakek tersebut menghentikan kerjanya. Dia memandang lelaki yang bertanya tersebut dengan senyum yang masih tersungging dibibirnya. “Anak muda..apakah aku tidak boleh menerima pahala dari Allah setelah saya meninggal? Biarlah anak-anak dan cucu-cucuku, serta masyarakat sekelilingnya menerima buah korma ini agar hidup mereka lebih baik dan senang.”
Lelaki muda yang bertanya tersebut mengangguk-angukkan kepalanya. Dia sangat kagum dengan apa yang disampaikan orang tua itu. Setelah mengucapkan salam, lelaki muda tersebut berlalu dan terus mengingat kata-kata bijak sang kakek sampai akhir hayatnya.

Cerita ini saya ambil dari majalah eramuslim edisi ke-6 milik ucup yang telah lama ada di lemari bukuku udah setahun lebih dan belum dikembalikan sampe sekarang. Hehe..

Saya pernah membaca suatu artikel, lupa dari mana, bagi orang Jerman(atau orang bangsa lain saya lupa..hehe) bahwa yang membuat seseorang abadi adalah karyanya. Jadi mereka berlomba-lomba untuk membuat suatu karya yang abadi dan setiap orang akan selalu mengingatnya. Dan disitulah seseorang akan terus “hidup” namanya.

Jadi intinya, kenapa saya mengutip cerita diatas adalah kita sebagai makhluk yang numpang hidup di bumi dan pada akhirnya akan mati, jangalah tidak berkarya apa-apa. Walaupun numpang, berilah manfaat bagi dunia walaupun kita sudah tiada, setidaknya kita harus memberikan perbedaan antara kita pernah terlahir dan tidak terlahir di bumi ini.
Wassalam..


gambar orang numpang

0 comments: