Obrolan tengah malam

FP pertama yang saya lalui semester ini adalah gamedev. Wah FP yang satu ini memang bener2 deh. Bener2 nekad. Karena dari 10 anggota, yang tugas UTSnya make XNA cuma aku. Uda gitu mau bikin game XNA 3D. Sebenarnya saya bukan ingin membahas tugas FP gamedev. Tp yang lain. Hehe…

Nah, tiap ngerjain tugasnya itu kan pasti ngumpul Pakuwon. Biasanya kalo uda tengah malam, apalagi klo uda menjelang jam goblog, keluar dah ocehan ga jelas nan ngawur. Pembicaraan di moderatori oleh si Wira. Pesertanya ya anggota FP gamedev kelompok “mami sarchan”. Biasanya menjurus ke obrolan orang dewasa. Ya biasalah namanya obrolan tengah malam. Pasti anak kecil jam segitu uda pda tidur. (Bosnya sapa lagi klo bukan Wira) Jadi isi obrolannya seperti ini……………………………






*belum lulus sensor*, terlalu vulgar untuk di tulis disini. Hahaha…
Ini lho pelaku utamanya obrolan tengah malam selama pengerjaan FP gamedev….
|
|
|
|
|
|
|
|
V


Berhubung aku ga punya fotonya, aku ambil ini dari FBnya...

Bikin blog baru

Halo, saya barusan bikin blog baru. Nih blognya...
Jadi bikin 2 blog ini untuk memisahkan konten2 ga penting di blog ini (jad isinya curhat2an geje dan cerita2 orang nganggur) dan konten yang agak penting di blog itu.. :)

Mudah2an ga terlantar deh blog2nya...

Jamal..nasibmu..

Hari itu Kamis, 1 Oktober 2009. Jam setengah 8 pagi adalah saatnya kuliah grafika komputer. Pas kuliah, liat kiri kanan, nyari dimana anak buahku. Ternyata yang masuk cuma fikar. Mana 2 orang lainnya. Si ucup dan Jamal.
Yaudahlah, duduk no 2 dari depan, entah dijelaskan apa sama dosennya. Begitu banyak angka2 di slide , ditambah ngantuk tak terkira, rasanya pingin pulang secepatnya. tik..tok..tik..tok akhirnya mendekati jam pulang. Menjelang pulang, bu dosen mengabsen satu per satu. Sapa tau ada yg TA (titip absen). Ibunya cuma manggil yg tanda tangan disitu.

Yang mengejutkan, ibunya manggil "M. JAMALUDDIN". Tidak ada yg angkat tangan. Dipanggil sekali lagi "M. JAMALUDDIN". Dalam hatiku, wah jelas aja ga ada yg angkat tangan, lha wong dia ga masuk. Pertanyaannya : sapa yg TA-in dia? Bagaimana nasib Jamal selanjutnya?

Seisi kelas pun riuh gemuruh, seperti para jamaah Jumat di masjid ketika khatib membacakan doa.
"Wah si Jamal nih kenapa ya? Klo sakit ya ngomong aja"
Wah, ternyata dosennya lagi baik. Nasib jamal selamat. Ku kira dia akan langsung mendapat E. Klo itu terjadi, pasti si Jamal akan menangis sejadi-jadinya sambil berlari di tengah guyuran hujan. Begitu juga nasib yg TA-in. Selamat karena tidak ditanyain.

Kira-kira sapa yg jadi pelaku TA-nya Jamal?? jeng..jeng..Ini dia orangnya...
|
|
|
|
|
|
|
|
V

Code::blocks+Glut+Ubuntu

Salah seorang teman bertanya kepada saya, “IDE untuk glut, di linux pake apa ya?”
Jawabannya adalah pake saja code::blocks. Untuk settingan awalnya adalah sebagai berikut. (saya pake Ubuntu 9.04)
  1. Install Code::Blocks (yaiyalah...).
  2. Untuk mendapatkan library GLUT, install beberapa packages berikut : libxxf86vm, freeglut3.
  3. Sekarang coba buat project baru. Select File->New->Project. Pilih GLUT project, isikan sesuai keinginan. Ketika muncul jendela dibawah ini, isikan "/usr". Biasanya library-library terinstall di folder ini. Lalu lanjutkan, sampe selesai.
  4. Maka akan muncul code template. Sekarang coba langsung di tes. Tekan F9. Maka akan muncul seperti berikut. Horeeeee!! Berhasil!!

simple maze

Sekarang sudah masuk semester 5, artinya sudah setengah jalan ku lalui di ITS Teknik Informatika ini (Insya Allah kalo lancar jaya 4 tahun). Salah satu mata kuliah yang ku ambil di semester ini adalah grafika komputer.
Jadi ceritanya dapat tugas membuat koch snowflake dan simple maze. Karena ini tugas berkelompok, maka yg ku kebagian simple maze.

Gini soalnya :
Simple Maze
Untuk membuat sebuah simple maze, mulai dengan sebuah array berisi cell berbentuk
persegi empat. Setiap cell memiliki empat sisi. Buang sisi-sisi cell (kecuali dari garis
keliling luar) sampai semua cell terhubung. Lalu buatlah sebuah jalan masuk dan
keluar dengan membuang dua sisi dari garis keliling luar. Buatlah program dengan
masukan dua integer N dan M yang akan menghasilkan gambar maze N x M. Contoh
untuk maze 4 x 4 ada di bawah:


Kodenya dapat di donlot disini.
Saya akan menjelaskan algoritma membuat maze ini saja, jadi saya tidak akan menjelaskan mengenai openGLnya.
Untuk membuat maze seperti diatas, maka kita perlu membuat cell-cell, sesuai dengan yang diinginkan. Misalnya kita ingin membuat maze 10x10, maka kita akan membuat array 2 dimensi cell[10][10].
Cell ini mempunyai beberapa atribut, yaitu koordinat, dinding (kiri, kanan, atas, bawah), dan penanda. Jadi klo di bahasa C nya, cell ini adalah struct berikut

typedef struct {
int kiri, kanan, atas, bawah, visited;
GLfloat v[4][2];
}cell;

Pada kode, terdapat fungsi void init_kotak();
Fungsi ini sebagai inisialisasi awal semua cell. Keempat dinding diberi nilai 1, maksudnya berarti ada dindingnya. Nanti klo di jebol tinggal kasi angka 0 aja.
Jadi klo ditampilkan akan jadi seperti ini awalnya.


Skenarionya adalah kita akan menjebol dinding-dinding dari masing-masing cell, sehingga satu cell dengan cell lainnya terhubung. Setetah itu kita random mana yang jadi pintu keluar dan masuknya.
Algoritmanya adalah seperti ini :

1. Kita mulai dari sembarang cell.
klo di codingannya, ada pada fungsi void generate_maze(). Pertama dia akan memanggil fungsi random_kotak(rand()%panjang,rand()%tinggi). Artinya dia memulai dari sembarang cell.

2.Jika cell ini belum dikunjungi, maka tandai kalo cell ini sudah dikunjungi.
if (cells[x][y].visited == 0)
{
cells[x][y].visited = 1;
.....

3.Lalu di random, dinding mana yang akan dijebol. Jika yang bisa dijebol adalah dinding kiri, maka cell yang kanannya, dijebol tembok kanannya.

4.Sekarang pindah ke cell yang dipilih sesuai dinding yang dijebol tadi(rekursi).
Kembali ke langkah 2.

5.Lakukan sampai semua cell sudah dikunjungi semua.
Langkah 2 sampai 5 terdapat pada fungsi void random_kotak(int x, int y).

6.Buat pintu masuk dan keluar.
Terdapat pada fungsi void keluar_masuk().

Maka maze 10x10 akan jadi seperti ini


Masih bingung??Tanya aja langsung ke aku klo bingung..hehe..

Weleh2

Haduh2..

Liburan ini niatnya mau ngisi blog, ternyata malesnya ga ketulungan jadi ga keisi-isi..hehehe..

Daripada kosong nih, aku kenalkan situs kami yg baru di loncing :D

studio asiah

mulai lagi

Setelah sekian lama tidak nulis2 di blog akhirnya nulis lagi -__-
Walau bingung mau nulis apa. Ya ga apalah, di mulai dari ganti theme aja dulu deh, ganti suasana :)
hehehehe..
Mumpung liburannya panjang, maka dengan ini blog ini resmi saya buka kembali..halah...

WC membawa petaka

Hari Kamis, 23 April 2009, jam 1-an siang, pergi ke kampus ada suatu urusan. Waktu itu sakit mata belum sembuh :D
Sampe di kampus, ketemu Aldy dan Yoga di bawah tangga. Lagi jaga posko Parade mereka. Ngobrol2 sebentar ga jelas, abis itu karena ada yang pengen di kluarkan(aka kencing) maka pergilah ke WC lantai 1 TC yang sebelah kiri (soalnya yg sebelah kanan WC wanita..:D)

Seperti biasa, masuk ke kamar yg sebelah kanan,tutup pintu *jreekk*. Ada yang janggal!!! Gagang pintunya rasanya aneh, ga kayak biasanya. Ternyata gagang pintunya macet. Ga bisa dibuka. Aaahhh… sial!! Aku ternyata jadi korban terkunci di kamar mandi itu ke 152(masa’ sih??).

Dengan panik, ku gedor2, ku tarik2, ku pukul2, ku banting2 gagang pintu itu. Sampe ku congkel2 pake segala peralatan yang ada di tas (waktu kekunci itu, aku memakai peralatan komplit mau kuliah, dari sepatu, tas, hem.dll).

Yaudahlah, dengan wajah putus asa, diputuskan kencing dulu (karena niat awalnya memang ini) baru ngelanjutin usaha membuka pintu. Setelah ritual selesai dilaksanakan, dilanjutkan kembali misi “escape from fantasy”. Setelah segala cara ga membuahkan hasil, maka diputuskan cara terakhir (cara yang biasanya dipakai oleh mantan2 korban WC ini) yaitu memanjat bagian atas kamar mandi itu.

Dengan susah payah akhirnya, bisa keluar dari mimpi buruk ini. Untung saja ga ada sapa2 disitu, bisa malu aku klo kliatan manjat2 kayak maling gitu, lengkap dengan peralatan kuliah lagi… :D

Mata Merah

Akhirnya aku kena juga sakit mata yang satu ini, entah apa nama penyakit ini dalam bahasa ilmiahnya. Yang jelas sakit yang satu ini benar-benar njengkelin. Gimana ga, yang sakit cuma mata kiri, tapi yang merasakan “sakit”-nya kok rasanya semua badan.

Wabah yang satu ini memang lagi menjangkiti anak2 TC. Ga tau sapa yang mulai, klo aku sih yang menularkan ke aku kemungkinan besar pelakunya adalah FAJAR!!! Tak di ragukan lagi, pelakunya adalah orang ini. Orang yang merupakan calon tunggal tak terbantahkan Ketum SITC periode 2009/2010 ini (halah OOT!!) kemungkinan menularkannya ketika “asistensi” SC Mubes vs PH bareng Bang Gibran, pada tanggal 15 April 2009.

Ketika itu kami berempat dari SC Mubes (Aku, Ucup, Ucup Hai, Fajar) sedang diskusi di lantai 3 ujung deket kamarnya dosen2 muda. Mata Fajar waktu itu lagi berkaca-kaca (bukan kiasan, memang bener2 berkaca-kaca :D), kayak orang baru bangun tidur, dan matanya MERAHHH!!

Entah bagaimana virusnya bisa nyampe mataku. Malam harinya sih, ga terjadi apa2, tak ada kecurigaan yang aneh. Keesokan harinya, kamis, mata rasanya kok gatel2. Tapi ga sampe merah2 gitu. Besoknya lagi, hari jumat, hari terakhir UTS, mata kiri uda menampakkan tanda2 keganjilan.

Akhirnya pada hari jumat itu, aku resmi sebagai korban mata merah. Benar-benar penyakit yang menjengkelkan, klo sujud agak lama dikit aja, rasanya darah menumpuk dan menusuk-nusuk mata. Dibuat ngliat kompi, mata langsung berair kayak anak kecil nangis. Sebenarnya dua hari pertama itu, mata merahnya biasa2 aja. Kayak orang2 pada umumnya (weleh2).

Tp berhubung waktu itu ga ku apa2in, alias mataku kubiarin gitu aja tanpa pertolongan yang berarti (apalagi sering kena debu jalan di depan kampus), lama-kelamaan mata ini rasanya makin berat. Penderitaan makin ga karuan. Dengan berat hati, maka belilah obat tetes mata insto.

Hari sabtu, 18 April 2009 adalah praktikum PBD. Praktikum yang satu ini bener2 penderitaan tiada tara (hlah lebay!!). Praktikum siang-siang jam 1, labrog padat kayak gitu, ACnya ga kerasa sama skali, maka bercucuran keringatlah para praktikan. Klo aku sih, selain bermandikan keringat asin, mata ini juga bercucuran kayak orang yang menangisi nasibnya (mungkin ini yang disebut mata air buaya :D).

Mata tambah pedih, air mata bercucuran tiada henti, soal njelimet ga jelas apa maksudnya, partnerku ga datang (sial! Karibi entut!!!), lengkaplah kesialanku hari itu. Rasanya bisa ngerjain 2 soal dari 10 adalah suatu keajaiban (Hahaha…)

Dari hari-kehari penyakit ini makin parah aja menggerogoti mata kiriku. Padahal aku masih ada tanggungan bikin video logo2 Lab 3D buat PIMITS hari seninnya. Padahal mata ini ga kuat klo lama2 di depan kompi. Yaudahlah, maka kusuruhlah Hisyam yang ngerjain sisa2 videonya yg belum selesai.

Minggu malam itu, Hisyam ngerjain di kosku, sambil ku arah2in ini itu. Setelah selesai, maka tinggal tunggu renderannya selesai. Hisyam tidur di kamarku. Keesokan subuhya, bangun2 ternyata hisyam uda menghilang pulang ga pamit (mungkin pamit pas aku lagi tidur :D).

Ku SMS si hisyam buat ngasi video jadinya ke Teja, maka datanglah hisyam ke kosku dengan kacamata. Jeng…jeng..jeng… Ternyata hisyam telah sukses ku tularin virus mematikan yang satu ini. Ga hanya satu mata, tapi kedua mata hisyam sukses ku tularin. (hahahaha… suatu prestasi yang membanggakan).

Seharusnya sih atas saran sana sini, aku disuruh cek ke dokter. Karena aku alergi sama dokter, maka saran teman2 ini ga ku turuti. Cuma, ku sms ke omku yg dokter, minta kasih tau obatnya apa… (hehhe…).

Berhubung mata ini tambah parah, maka diputuskan hari Senin dan Selasa ga ke kampus. Istirahat dan tidur berjam-jam di kamar. Untung saja 2 hari itu dosennya lagi ga ngajar (benar2 beruntung).

Yang bikin penyakit ini njengkelin adalah mata berair ga henti2nya, di tambah keluar kotoran mata yang juga ga berhenti2 kluar, ditambah gatal2 yang menggoda tangan untuk mengucek2, pandangan mata kiri burem kayak orang katarak gara2 kotoran mata yang kluar terus2an. Entah berapa meter tisu yang ku habisin buat mbersihin/ ngelap mata dari kotoran2 ga diinginkan ini (yeekk).

Dan akhirnya sembuh juga setelah seminggu menderita (waktu yg lama di bandingin teman2 yg lain). Dan aku baru tau ketika ngampus ternyata banyak sekali anak2 TC yang kena. Aku tidak sendiri ternyata. (hahahaha). Sebut saja yg jadi korban itu Bunga, Melati, Budi, dkk (nama sengaja disamarkan untuk menjaga privasi org itu :D).

(Sebenarnya masih ada yang aku heranin sampai sekarang, yaitu abis meneteskan obat mata, rasanya tenggorokan ini kok pahit ya? Apa hubungannya tenggorokan sama mata??? :D)

Pesawat VS Becak


Entah apa yang ada di dalam pikiranku, tiba-tiba saja kebayang 2 jenis transportasi massal yg kita kenal ini. Mereka adalah pesawat dan becak. Sebenarnya sih, 2 kendaraan ini muncul di pikiranku gara-gara omongan(bukan omongan sih, la wong di Fesbuk kok) seorang teman, lupa lengkapnya gimana, pokoknya ada kata-kata “sawat becak”.

Tiap kali baca istilah ini, kok aku malah kebayang 2 jenis transportasi yang berbeda bagai bumi dan langit ini. Yaialah..Yang satunya kendaraan di bumi dan satunya kendaraan di langit…

Lalu ada apa dengan 2 kendaraan ini, sampai2 aku rela menuliskannya(mengetikkannya) di lembaran(halaman) blog ini? Jika ditinjau dari penggunaan 2 kendaraan ini, maka pesawat dianggap lebih punya nilai lebih alias nilai prestis dibandingkan becak. Karena becak hanyalah kendaraan usang, kuno, bau, ndeso, amit2, bermesinkan kaki bertenaga ga sampai setengah horse power, lemot bin bekicot….(gyahahaha makin lebay).

Sedangkan pesawat kendaraan berlapiskan besi, bermesin modern nan mewah, ber AC, ada WC nya juga, bahkan ada pelampungnya sapa tau ada yg pengen maen2 air di laut :p

Lalu, apakah hanya itu yang membuat pesawat menjadi lebih “keren” dan “prestige”? Oke, mari kita tinjau apa itu prestise. Menurut pendapat orang2 awam seperti saya ini, prestis bisa berarti memiliki nilai yang tinggi dari sebangsanya dan bisa membuat orang itu bangga. (mbulett!!)

Yaaa intinya, misalnya kita punya istri 2, trus yang satunya punya “nilai” lebih, pasti istri ini punya prestis yang lebih tinggi (analogi ngawurrr!!!). Gini yang (agak) bener, misalnya punya nokia N-series tentu lebih membuat pemiliknya mesam-mesem sendiri geje sambil petantang-petenteng, daripada punya hape nokia 1100 seken yang dibeli 100rb-an dapat 3.

Nah, klo ukuran prestis di hitung dari situ, seharusnya becak lah yang punya nilai prestis lebih tinggi. Mari kita bandingkan. Dua kendaraan ini bisa dibilang sekategorilah, karena sama-sama mampu memindahkan objek dari satu tempat ke dimensi ruang yang lain.

Karena prestis berhubungan dengan yang namanya money alias fulus, maka kita bandingkan saja tarif keduanya. Kemarin liburan smster ganjil, pas aku pulang dari Surabaya-Balikpapan, tarif pesawat waktu itu, Rp 450rb. Menempuh jarak sekitar (waduuh ga tau…anggap saja 1000km).

Mengenai taripnya becak, aku ga tau sekarang berapa, tapi terakhir naik becak 5 tahun lalu di Nganjuk waktu mau ke rumahnya mbahku, taripnya Rp 5rb menempuh jarak 5 km.

Nah, klo di itung secara kasar (bahkan sangat kasar sekali) tarip pesawatnya itu Rp 450/km dan becak Rp 1.000/km. Tuh kliatan kan, mana yang lebih mahal, tentu becak laah. Berarti becak punya nilai prestis lebih tinggi. Padahal itu taripnya 5 tahun lalu, ga tau sekarang, pasti lebih mahal. Trus, jarak SBY-BPN kan bisa saja lebih jauh.

Masih berpikir naik pesawat punya nilai prestis? Karena itu untuk anda yang makan yang namanya gengsi, maka gunakan transportasi ini. Kenapa?? Karena anda telah mendukung pengurangan pemakaian bahan bakar fosil, selain itu membuat abang becaknya sehat dan berotot karena anda memakai jasanya untuk menggenjot Surabaya – Semarang misalnya. Dan tak lupa dapur bu Becak(istrinya abang becak) akan terus mengepul karena bisa memasak nasi dan sambel terasi kesukaan abang becak.

Wassalam…

(Tulisan ini hanyalah sarana hiburan di kala sumpek kuliah , jangan diambil hati)

gerhana matahari cincin diliat dari Bontang, Kaltim

Sore ini barusan liat gerhana matahari nih, hehehe...

Hampir aja kebablasan tidur siang, untung bangun tepat waktu..

Bagi yang tadi yang ga sempet liat, kelupaan, ketiduran(kayak temenku, si tante), atau mungkin di kotanya lagi mendung sehingga ga bisa liat fenomena alam yang menarik ini, nih kukasih foto2 terjadinya gerhana ini. Sebenarnya banyak potonya, tp yg jelas kliatan ada 4.
Gambar ini diambil dari daerah Bontang Kuala, di kota Bontang, Kalimantan Timur sekitar jam 18.00 WITA kurang, 26 Januari 2009.


Ini sekitar jam 17.42, bulan sudah mulai bergerak menutupi matahari. Semua gambar, ku poto pada saat awan menutupi matahari, soalnya gmbar mataharinya bisa terlihat jelas


Ini sekitar jam 17.53 WITA, sudah mulai terbentuk cincinnya...horeeeee...


Ini ku zoom, biar jelas..



Beberapa detik kemudian... Uda mau bubaran gerhananya...



Fenomena alam yang sangat menakjubkan, terakhir kali liat waktu SD. Lupa taun brp...
Klo terhibur, di kasi komentarnya dong, jgn cuma diliat...


Internet disini kok kayak gini ya??

Akhirnya liburan tiba, bisa kembali ke Bontang setelah sekian lamanya mengembara di Surabaya(padahal ya disitu-situ aja)
"Penderitaan" selama di Surabaya, untuk sementara hilang, bisa bersantai-santai seenaknya, makan2 ga jelas yang ada di rumah, dll
Tapi dibalik kelegaan itu semua, ada yang membuat dadaku sesak, emosi memuncak, kadang2 pengen ngamuk2 ga jelas... hehehe berlebihan

Ini nih penyebabnya..




Lemot amat sih...
Gile!! Di surabaya bisa dapat DL n UL mpe ratusan kilobit, lha disini......... baru buka mozilla 2-3 tab, udah ngos-ngosan...
Bontang, nasibmu jadi kota kecil... Ini gara2 Bontang belum dapet 3G nih, jadi selama disini ku cuma dapat gprs doang...
Lambat amat sangat, kayak bekicot ngantuk....