Bulan Juni, ada apa?? (2)

Assalamualaikum Wr.Wb.

Nah, ini bagian kedua. Kali ini tentang proyek animasi buat lomba INAICTA 2008. Lomba ini benar-benar bikin sial, karena ngabisin banyak waktu, FP Struktur Data dan Ujian Akhir Semester pun terbengkalai. Tiga acara ini barengan sih waktunya..

Di INAICTA ini, kami -yang tergabung dalam suatu kelompok yg mempunyai masa depan yg cerah bernama ASIAH hehehe...- ikut dalam kategori animasi. Animasi ini dibuat dengan menggunakan sopwer utama Blender(software open source lho) sebagai sopwer untuk animasi, desain karakter, desain lingkungan, dan tetek bengeknya. Lalu sopwer lain yg dipakai adalah Phostoshop CS3 (yg ini bajakan) untuk material dan tekstur, Ulead(bajakan juga) untuk video editing, dan tak lupa juga Window XP SP2 (bajakan juga...hehehehe).

Di Grup Asiah ini terdiri dari 2 orang pendiri dan 2 orang terpilih. Empat orang itu adalah Ahmad Rifai (yg punya blog ini), Yusuf Umar Ibnu Syihab (anak Probolinggo yg besar di Jakarta), Hisyam Fahmi (yg punya skill sketsa luar binasa), dan Ahmad Zulfikar (alias Huul Jangkrik yg IPnya diatas 3,5).

Naah, pertama-tama ide cerita apa yg akan kami buat di animasi yg satu ini?? Semua anggota disuruh untuk cari ide. Setelah berhari-hari buntu tanpa ide yg jelas dan aku capek debat dengan Ucup masalah ide cerita, maka terpilihlah ide rokok cinta.

Maksudnya apa rokok cinta?? Gini ni, jadi inti cerita dari animasi yang kami buat adalah ada seorang cewek yg digoda seorang cowok, ceweknya mesam-mesem, trus si cowok nyebul asap rokok berbentuk hati ke cewek, si ceweknya tambah terperangah, wah gila banget tu cowok, tapi tiba-tiba asep rokok itu berubah bentuk tengkorak. Si ceweknya ketakutan. Pada intinya rokok itu selalu bikin masalah. Bingung ya maksud ceritanya.. Aku sendiri ya ga terlalu sreg sama ceritanya...

Setelah itu, dibagilah job-job ke masing2 anggota…

Yusuf Umar sebagai Desain Karakter, Video Editor, Renderman
Rifai bagian animasinya
Fikar bagian yang bikin gedung-gedung, angkot, dan jalan-jalan.
Hisyam yang bikin tekstur, pencahayaan, dsb.

Pertama, Yusuf mendesain beberapa karakter yang terlibat didalamnya. Desain karakter yang dibuatnya adalah..

CewekCewek ini nih, yg jadi tokoh sentralnya

Cowok
Cowok ini yang jadi si perokok yang seneng menggoda

Sopir
Ini yang punya angkot (yaaaeeaalaaaahhh!!)


Mungkin diantara kalian ada yang bingung, kok pose ketiganya jelek gitu ya? Tangannya lurus kesamping kayak orang yang lagi senam. Ohoho.. jangan protes dulu, klo nggambar di 3D, bentuk dasar karakter biasanya seperti itu.

Nah biar bisa gerak-gerik, kedap-kedip, lenggak-lenggok, dan mesam-mesem, maka karakter itu ditambah yang namanya bone. Ya benar!! Tulang!! Jadi karakter yang sebelumnya dibuat Ucup itu bisa diibaratkan sebagai kulit luarnya. Nah tugasku sebagai animator adalah menggerakkan karakter mati itu.

Biar bisa gerak, maka diberi yang namanya tulang, klo di Blender namanya Bone. Setelah dikasi bone, maka karkater kita bisa dikasi pose yang kita inginkan dan juga bisa digerakkan. Contohnya seperti ini.

Ini karakter yang dikasih sedikit pose

hehehe... narsis juga ni bapak sopir


contoh animasi jalan
Yaahhh..walaupun masih kaku, namanya juga belajar...(lho kok ga gerak ya?? harusnya gerak!!)

Lalu ada Fikar yang membuat setting lingkungan sekitar dan angkotnya juga

Nih angkotnya


Maka setelah semua karakter dan angkot selesai, tugasku sekarang yang menganimasikan semuanya. Ternyata animasi membuat pusing kepaleeee. Ga nyangka, ternyata bikin animasi yang benar-benar alami kayak buatannya pixar susah juga yah. Celakanya gara-gara animasi ini, Fpku terbengkalai. UAS pun ga jelas juntrungannya. Tapi dengan tekad yang teguh, bermentalkan baja, dan kemauan yang sangat mau(heleeehhh), aku pasti bisa...

Animasi selesai, maka tahap berikutnya adalah pemberian tekstur,material, dan pencahayaan oleh saudara Hisyam Fahmi. Klo yg ini,tugasnya memberi warna karakter, tekstur bangunan, memberi pecahayaan setting. Klo ga ada yang satu ini, gambar yang kita buat warnanya cuma abu-abu, monoton, dan ga menarik sama sekali.

Dan tahap selanjutnya adalah proses rendering. Apakah render itu?? Secara sederhananya atau gampangnya adalah mengubah yang kita buat di blender itu menjadi bentuk AVI atau file yang lainnya yang tersedia. Lamanya render tergantung prosesor.

Ini dia masalah utamanya –yg kami tidak sangka sebelumnya-. Ternyata rendering ini adalah proses yang memakan waktu yang suaaaaaaaaangaaaaaaaaaaaaaaattttt laaaammmmmaaaaaaaaaaaa buaaaangeeeeeeeeeeeeeeettttttttt. Bayangin aja, satu detik animasi kami itu terdiri dari 24 frame. Animasi kami kira2 lamanya 1 menit. Jadi satu menit itu ada 24x60 = 1440 frame. Render 1 frame, lamanya adalah antara 10 menit sampai 1,5 jam(pake core2duo). Nah, yg paling ngeselin, frame yang 1 jam keatas itu yang paling banyak.

Si renderman Ucup kelabakan, cari pinjeman komputer kesana-kemari buat render. Deadline hampir abis, render belum selesai, pengkaderan sys tinggal sehari lagi, sound dan musik belum dikasi... Aaaahhhh gimana ni?? Kata ucup waktu itu.

Akhirnya diambil keputusan, sisa frame yang belum dirender, pake render yang mentah (yg jelek). Animasi ini dikirim seadanya, tanpa suara, dengan render yang tidak sempurna. Putus asa, tanpa harapan.

Beberapa hari kemudian....

Si ucup nerima telpon dari panitia, disuruh mbaiki itu animasi, tambahin sound, sekalian diburning biar bisa disetel di DVD. Harapan muncul kembali, renderan yang belum selesai diselesaikan, Alhamdulillah.. aku baru aja beli komputer, dengan spesifikasi AMD Phenom 9850 2,5 GHz, dengan kartu grafis HIS Radeon HD 4850, Memory 1 GB, Harddisk 320 GB (hehe..pamer dikit), sisa rendering itu bisa selesai. Juga dengan bantuan teman-teman. Ditambah dengan sound dari Hafiizh dan editan video dari Yusuf, maka selesailah tugas ini.

Terimakasih buat teman-teman yang udah minjemin komputernya buat render. Mereka adalah teman-teman TC: Aem, Izzan, Frenda, Tejo, dan teman-teman dari kosnya Ucup yaitu Tyo, Boby. Terima kasih juga buat Syifa yang mau ngisi suara dan Firman yang.....apa ya?? Ga tau sih apa perannya disini...

Apa??? Mau liat videonya?? Sebenarnya mau diaplot ke yutup, tapi berhubung masih dalam tahap penjurian, maka ntar aja deh. Klo mau liat langsung, minta aja ke aku. Tapi ga jamin deh bagusnya, soalnya kami baru belajar animasi 1 bulan. Hehehe... Namanya juga belajar..

Doain yoo, animasi kami bisa juara di INAICTA 2008, eh juara sih ga masalah, yang penting duitnya..hehehe...buat modal kedepannya.

Waduh uda ngetik hampir 1000 kata nih, ya udah lah ...
Wassalamualaikum Wr.Wb.

Pasangan IT

Sepasang suami isteri setengah baya yang sama-sama dari kalangan profesional merasa penat dengan kesibukan di ibukota.

Mereka memutuskan untuk berlibur di Bali. Mereka akan menempati kembali kamar hotel yang sama dengan ketika mereka berhoneymoon saat menikah 30 tahun yang lalu. Karena kesibukannya, sang suami harus terbang lebih dahulu dan isterinya baru menyusul keesokan harinya.

Setelah check in di hotel di Bali, sang suami mendapati pesawat komputer yang tersambung ke internet telah terpasang di kamarnya.

Dengan gembira ia menulis e-mail mesra kepada isterinya di kantornya di Jalan Sudirman, Jakarta. Celakanya, ia salah mengetik alamat e-mail isterinya dan tanpa menyadari kesalahannya ia tetap mengirimkan e-mail tersebut.

Dilain tempat di daerah Cinere, seorang wanita baru kembali dari pemakaman suaminya yang baru saja meninggal. Setibanya di rumah, ia langsung mengecheck e-mail untuk membaca ucapan-ucapan belasungkawa.

Baru saja selesai membaca e-mail yang pertama, ia langsung jatuh pingsan tak sadarkan diri. Anak sulungnya yang terkejut kemudian membaca e-mail tersebut (tak lama kemudian jatuh pingsan juga), yang bunyinya :

To: Isteriku tercinta
Subject: Papah sudah sampai Mah !!!
Date: 18 Mei 2006
Aku tahu pasti kamu kaget tapi seneng dapat kabar dariku.

Ternyata disini mereka udah pasang internet juga, katanya biar bisa berkirim kabar buat orang-orang tercinta di rumah. Aku baru sampai dan sudah check-in. Katanya mereka juga sudah mempersiapkan segalanya untuk kedatanganmu besok. Nggak sabar deh rasanya nungguin kamu. Semoga perjalanan kamu kesini juga mengasyikkan seperti perjalananku kemaren.

Love you Mom,

Papah

PS: Disini lagi panas-panasnya. Kalau pada mau, anak-anak diajak aja

Istilah komputer di Malaysia

Beginilah akibatnya orang Malaysia menterjemahkan istilah-istilah Komputer.

Istilah:
Hardware: barang keras
Software: barang lembut
Joystick: batang bahagia
Plug and Play: cucuk dan main
Port: lubang
Server: pelayan
Client= pelanggan

Contoh:
“That server gives a plug and play service to the clients using either hardware or software joystick. The joystick goes into the port of the client.”

Translated:
“Pelayan itu memberi pelanggannya layanan cucuk dan main dengan mempergunakan batang bahagia jenis keras atau lembut. Batang bahagia
itu dimasukkan ke dalam lubang pelanggan.”

Easter Egg


Tahukah kamu apakah itu Easter Egg?? Easter egg adalah fitur atau pesan tersembunyi yg ada di DVD film, software, sistem operasi, bahkan ada juga yang terdapat di chip. Mungkin easter egg ini dibuat karena si pembuatnya pengen iseng atau sekedar becandaan. Terkadang malah easter egg tanpa sepengetahuan perusahaan yg buat tu sopwer. Wah ternyata programmer itu bisa guyon ya.. Tapi ada juga lho, programmer yang dipecat gara-gara bikin egg. Ckckckcckkck....


Bentuk easter egg itu seperti apa?? Ya seperti yang ku jelaskan diatas, yaitu pesan tersembunyi, yang jelas bentuknya itu ga ada sangkut pautnya dengan sopwer itu sendiri. Namanya juga guyon. Atau bisa dikatakan easter egg itu sebangsa dengan cameo klo di Film. Masih bingung?? Contohnya gini, ternyata ada lho game pinball di Word 97 dan Flight Simulator di Excel 97. Baru tau ya?? Aku juga sebenarnya baru tau… J


Dan masih banyak lagi easter egg yang mungkin bikin kamu heran, ketawa, aneh, mengrenyitkan dahi (apaan sih??)atau apa deh, yang bikin heran napa ya tuh programmer iseng banget. Ini beberapa easter egg yang ku tau…


Notepad

Buka notepad, trus ketik kalimat ini ”aduh fai itu keren”. Di save, trus di close notepadnya. Buka file itu lagi. Maka apa yang akan muncul… ???


Speech

Buka speech di Control Panel, isiin ‘crotch’. Lalu tekan ‘preview voice’. Anehnya dia, malah akan bilang “Crow's nest”..


Dev-C++

Buka help -> about dev-C++. Drag n drop gambar Dev-C++ diatas itu ke tombol ’authors’. Suatu gambar akan muncul. Klik gambar itu, maka dia akan ganti arah.


Mozilla Firefox

Ketik ini di address bar “chrome://browser/content/browser.xul”. Maka akan muncul mozilla lagi didalamnya.

Atau masukkan ini di addres bar “about:mozilla”.


Bukan Egg tapi bisa dicoba…


Office

Buka MS Word (97-2003)kamu. Ketik tanpa kutip ‘=rand()’. Lalu tekan enter. Maka akan muncul kalimat “The quick brown fox jumps over the lazy dog” sebanyak 3 paragrap, 5 kalimat itu dimasing2 paragrap. Atau ketik ’=rand(x,y)’. X itu adalah jumlah paragrap dan y adalah jumlah kalimatnya.


Pinball

Ketika program baru dibuka, ketik ”hidden test”. Sekarang kamu bisa maen pinball pake mos.


Solitaire

Mau tau caranya maen solitaire langsung menang?? Pencet aja alt+shift+2.


Sebenarnya masih banyak lagi egg2 yang laen, ntar ku cari lagi deh di internet...


Sumber : www.wikipedia.org, www.eegg.com

Sarapan pagi itu penting!!




Sejak jadi mahasiswa, ada yang hilang dan ada yang muncul. Maksudnya?? Yang ilang, salah satunya ya ini, yang mau ku tulis, yaitu sarapan. Dulu, jaman masih satu atap dengan ortu, sarapan adalah ritual wajib yang harus dijalani. Kenapa?? Soalnya klo ga sarapan, bisa-bisa aku kena ceramah ibuku, “kok ga sarapan??”, ”Uda capek2 dibikin, kok ga dimakan??” deelel. Sebenarnya bukan hanya itu aja sih kenapa kita harus sarapan pagi(emang ada ya, sarapan malam??). Ada beberapa hal yang mewajibkan kita untk sarapan.

Di pengalaman waktu jaman SMA dulu, klo masalah sarapan sih sering serba salah gitu. Klo ga sarapn, bisa kelaperan pas di kelas, trus klo sarapan, mau ga mau sih harus buang hajat di sekolah. Entah kenapa dengan perutku ini. Siklus harian sih(apaan sih!!), mengharuskan aku untuk buang hajat tiap jam 8-9. Nah itu jam kan pas waktunya sekolah. Itu sih kalo sarapan, jadi klo ga sarapan, ya ga terjadi. Jadi istilahnya sarapan itu pemicu biar yang namanya buang hajat bisa terjadi.

Nah daripada kelaparan disekolah, mendingan buang hajat disekolah kan. Oleh karena itu dulu waktu SMA aku jadi langganan WC Musholla sekolah. Kok WC musholla. Ya iya dong, masa’ ya iya lah, disitu soalnya bisa buang sial dengan tentram, tenang, dan damai. Sepi soalnya... Walah kok makin menyimpang dari judul nih??

Mengenai sarapan lagi, sekarang itu uda ga pernah(jarang maksudnya..) kulakuin lagi. Soalnya yang namanya mahasiswa, apalagi anak TC, bisa tahan melek ampe malem-malem bahkan sampe subuh, bisa macem-macem kegiatannya, tapi biasanya klo aku, ngobrol2 panjang lebar ga jelas, ngomongin orang2 aneh macem roy suryo ataupun david setiabudi. Hehehe jadi gibah gini ya..Betapa malasnya bangun pagi.... bangun pagi pun cuma buat subuhan. Oleh karena itu betapa sialnya klo dapat jadwal kuliah pagi jam7. Hal inilah yang menjadi sebab utama, betapa malesnya sarapan. Padahal sarapan penting loww!!!

Trus..apa sih manfaatnya sarapan?? Banyak diantara kita yg menyepelekan sarapan (termasuk diriku sendiri..biar irit katanya) Padahal sarapan itu sangat penting(diulang lagi). Otak kitapun bisa kelaparan, penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman membuat otak kita kelaparan. Jika ga mendapatkan glukosa yang cukup waktu sarapan, maka fungsi otak atau memori bisa terganggu.

Nah secara tidak langsung, kondisi otak mempengaruhi kita dalam beraktivitas sehari-hari. Sebuah penelitian menyebutkan anak yang sarapan, lebih gampang konsentrasi pada pelajaran, perilaku yang lebih positif, ceria, kooperatif, gampang berteman deelel. Sedangkan bagi anak yang tidak sarapan, tidak dapat berpikir dengan baik dan selalu kelihatan malas(kayak aku!!).

Lalu pada penelitian(lagi!!) yang lain, sebuah perusahaan multinasional, karyawan yang ga sarapan ternyata lebih mudah stres. Hmmmm....mungkin ini yang menyebabkan anak2 gampang TC stres, ga pernah sarapan soalnya. Selain alergi ngoding...

Trus ada lagi nih, remaja yang ga sarapan akan memiliki resiko kegemukan lebih besar daripada yg sering sarapan. Lho kok bisa?? Katanya sih, remaja yang sarapan, pola makannya jauh lebih baik dan secara fisik lebih aktif. Orang yang makan pagi dapat mengendalikan nafsu makan mereka lebih sepanjang hari itu. Itu juga dapat mencegah mereka makan secara berlebihan saat makan siang atau makan malam.

Lalu mengenai sarapan yang bener itu gmn?? Nah, agar metabolisme tubuh tetap berjalan mulus, segeralah makan dalam jangka waktu satu jam setelah bangun tidur. Ini disarankan Daniel Kirschenbauin, PhD (heh?? Sapa dia??) Yang jelas bukan dosen informatika ITS. Dia itu guru besar di Nothwestern University.

Nih katanya para lho, bukan kataku..Cuma minum teh doang atau makan beberapa potong biskuit bukan merupakan sarapan, yang disarankan adalah jus buah karena mengandung vitamin dan mineral yang menyehatkan. Wah..wah..wah sarapan dengan jus adalah sesuatu aneh menurutku. Trus kata pakar lagi, sari buah alami dapat meningkatkan kadar gula darah setelah semalaman kita tidak makan. Setelah itu, bisa dilanjutkan dengan makan sereal atau roti. Menu pilihan lain bisa berupa roti dan telur, bubur, susu dan cornflakes, mi, pasta dan lain-lain (menu-menu yang ga mahasiswa banget!!!).

Lalu bagaimana menu yang mahasiswa banget?? Yang jelas sarapan yang baik harus banyak mengandung karbohidrat, karena kandungan karbohidrat yang kita konsumsi pada pagi hari, akan merangsang glukosa dan mikro nutrien dalam otak. Karena karbohidrat merupakan salah satu nutrien yang menghasilkan energi yang berfungsi untuk memacu otak. Oyaa, satu lagi, menu itu harus murah dan buanyakk (hehehe…).

Menu apakah itu, yaa cari sendiri…

Hal menarik tentang hewan

Banyak hal-hal yang menarik dari hewan yang kita ga tau. Ini beberapa hal yang menarik :
  • Seekor sapi dapat menghasilkan gas metan berbahaya sekitar 400 liter dalam sehari.
  • Sapi mempunyai logat yang berbeda di tiap wilayah.
  • Kucing rumah dapat membuat beruang hitam ketakutan hingga memanjat pohon.
  • Klo beruang kutub melawan singa, maka beruang kutublah yang akan menjadi pemenang.
  • Banteng itu buta warna
  • Sapi cuma punya kelenjar keringat di hidungnya.
  • Nyamuk punya 47 gigi.
  • Gajah hamil lebih dari 2 tahun.
  • Ikan mas cuma memiliki ingatan selama 3 detik
  • Lebih banyak yang tewas karena keledai daripada kecelakan pesawat
  • India memiliki populasi monyet sebanyak 50 ekor.
  • Tanpa sebab yang jelas, iguana dapat mengakhiri hidupnya alias bunuh diri.
  • Amerika menghabiskan 3 milyar dollar untuk makanan kucing dan anjing.
  • Pada saat top speed, babi dapat berlari sejauh satu mil dalam waktu 7.5 menit.
  • Cumi-cumi punya 10 tentakel
  • Organ reproduksinya keong adalah kepalanya.
  • Ayam menghasilkan 19 lusin telur setahun.
  • Anjing adalah satu-satunya hewan yang punya prostat.
  • Jerapah mempunyai tekanan darah paling tinggi diantara semua hewan
  • Zebra ga bisa melihat warna orange
  • Memungkinkan untuk membuat sapi naik tangga, tapi klo turun, ga mungkin deh.
  • Tikus bisa tahan lebih lama tanpa air daripada onta

Beneran ga sih yang diatas? Aku sendiri ya ga tau. Belum pernah mbuktii’n sendiri sih. Kalo aku ketemu lagi hal-hal yang menarik, ku posting lagi yoo.

Wassalamualaikum...

50 Fakta Mengagumkan tapi Tidak Bermanfaat

1. Queue adalah satu-satunya kata dalam bahasa Inggris yang dapat dibaca dengan cara yang sama ketika empat huruf terakhir dihilangkan.

2. Kumbang tu rasanya kaya apel, tawon kaya pine nuts (sejenis kacang), kalo cacing kaya daging babi goreng.

3. Dari seluruh kata dalam bahasa Inggris, kata 'set' punya definisi paling banyak.

4. "French Kiss" kalo di Perancis namanya "English Kiss"

5. "Almost" adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang disusun mengikuti urutan Alfabet.

6. "Rhythm" adalah kata terpanjang dalam bahasa Inggris yang ga ada huruf vokalnya

7. Tahun 1386, seekor babi dihukum gantung di depan publik di Perancis gara2 ngebunuh anak kecil

8. Kecoak bisa hidup selama beberapa minggu tanpa kepala

9. Tulang paha manusia lebih kuat daripada dinding semen.

10. Lw kaga bisa bunuh diri dengan cara menahan napas.

11. Di setiap benua pasti ada kota bernama "Rome".

12. Di Islandia miara anjing itu ngelanggar hukum.

13. Jantung berdetak lebih dari 100.000 kali per hari.

14. Horatio Nelson, salah seorang Admiral (jenderal Angkatan Laut) legendaris di Inggris seumur hidupnya tidak pernah menemukan cara untuk menyembuhkan mabuk laut yang dideritanya.

15. Kerangka Jeremy Bentham selalu hadir di setiap pertemuan penting di University of London

16. Orang bertangan kanan rata2 hidup 9 tahun lebih lama dari yang kidal

17. Tulang iga lw bergerak sekitar 5 juta kali setahn, tiap lw bernapas!!

18. Gajah satu2nya mamalia yang ga bisa lompat

19. Seperempat tulang di tubuh lw ada di kaki

20. Sidik lidah tiap orang beda2!

21. Transfusi darah pertama dilakukan tahun 1667, ketika Jean-Baptiste mentransfusikan daah sebanyak 2 pint(kira2 1 liter lah) dari domba ke orang..

22. Kuku jari tangan tumbuh 4 kali lebih cepat dari kuku jari kaki

23. Debu di rumah lw paling banyak terbentuk dari sel kulit mati

24. Diperkirakan taun 2080 penduduk dunia bakal mencapai angka 15 miliar

25. Cewek ngedipin mata 2 kali lebih banyak dari cowok

26.Adolf Hitler adalah seorang vegetarian dan cuman punya satu testis!

27. Madu adalah satu2nya makanan yang ga bisa basi.

28. Bulan yang dimulai dengan hari Minggu bakalan selalu punya "Friday the 13th."

29. Coca-Cola kalo ga pake pewarna warnanya bakalan ijo.

30. Rata2 jantung landak berdetak 300 kali per menit

31.Lebih banyak orang terbunuh tiap tahun gara2 disengat lebah daripada digigit ular.

32. Sebatang isi pensil (pensil kayu) bisa dipake menulis sepanjang 35 mil atau menulis 50.000 kata

33. Alergi terhadap makanan/minuman yang paling banyak diderita orang adalah alergi terhadap susu sapi.

34. Onta punya 3 kelopak mata buat ngelindungin matanya dari pasir gurun.

35. Posisi mata keledai memungkinkan keledai melihat keempat kakinya setiap saat.

36. 6 Bahasa resmi PBB: English, French, Arabic, Chinese, Russian and Spanish.

37. Bumi atau "Earth" adalah satu2nya planet di tata surya yang gak dinamain pake nama dewa

38. Sendawa atau bersin di gereja di Nebraska, USA, adalah melanggar hukum

39. Kita dilahirkan dengan 300 tulang, tapi ketika dewasa tinggal 206.

40. Beberapa cacing bakal makan dirinya sendiri kalo kelaperan & ga nemu makanan.

41. Lumba2 tidur dengan satu mata terbuka

42. Ga mungkin bersin dengan mata terbuka

43. Potongan permen karet di dunia tertua umurnya 9.000 tahun

44. Rekor penerbangan terlama seekor ayam adalah 13 detik

45. Queen Elizabeth I menyatakan bahwa dia adalah teladan kebersihan. Dia mandi 1 kali tiap 3 bulan, ga peduli dia butuh atw nggak.

46. Slug punya 4 hidung

47. Burung hantu adalah satu2nya burung yang bisa ngeliat warna biru

48. Charles Osborne mengalami cegukan selama 69 tahun!

49. Jerapah bisa ngorek kuping sendiri dengan lidahnya yang panjangnya 21 inchi

50. Rata2 tiap orang ketawa 10 kali sehari

51. Mata burung Onta lebih besar dari otaknya

Coba tebak diantara 51 nomer diatas ada satu yang bukan fakta (cuma 50, sesuai judul thread).
Coba teman2 tebak hayo ....

Sumbernya: http://www.world-english.org/facts.htm

Tips memilih Rumah Kos

Bagaimana sebenarnya memilih Rumah Kos? Banyak sekali faktor yang menentukan dalam pemilihan Rumah Kos. Berikut ini adalah Tips singkat untuk mahasiswa/i, karyawan/ti, pelajar atau siapapun mereka yang membutuhkannya.

1. Lokasi, Lokasi, Lokasi

Carilah Rumah Kos yang dekat dengan tempat sekolah, kuliah ataupun kerja. Hal ini nantinya akan dapat menghemat waktu dan tentunya ini berarti menghemat uang. Kita akan lebih punya waktu luang dan tidak perlu membuang banyak waktu di perjalanan. Jakarta contohnya, adalah kota yang sangat padat, macet pula. Jalan ke sana 1 jam, jalan ke mari 1 Jam, bahkan lebih. Hal ini tentunya akan banyak membuang waktu bila kita tinggal jauh dari Rumah Kos kita.

2. Akses

Rumah Kos yang dekat dengan Lokasi berbagai kebutuhan kita misalnya untuk tempat makan, warnet, mini mart. Paling tidak berbagai kebutuhan dasar kita bisa terpenuhi di sini. Letak Rumah Kos yang strategis akan sangat membantu kita sebagai penghuni Rumah Kos.

3. Keamanan

Salah satu hal yang terpenting dalam pemilihan Rumah Kos adalah Keamanan. Berhati hati dalam memilih Rumah Kos, terutama yang berlokasi di tempat yang jauh dari keramaian, kurang penerangan, jalan masuk yang sempit dan sepi. Cobalah dengan keluarga berjalan di sekitar Rumah Kos di siang dan malam hari untuk mendapatkan perasaan apakah Lingkungan Rumah Kos yang akan kita tempati merupakan area yang aman. Dapatkan informasi dari mereka yang pernah tinggal di Lingkungan ini ataupun dari Ketua Lingkungan Warga (RT/RW). Keamanan merupakan faktor yang penting dalam pemilihan Rumah Kos.

Perhatikan juga para Penjaga Rumah Kos (Satpam), apakah mereka kelihatan profesional dan dapat diandalkan, atau hanya duduk duduk tanpa sebenarnya perduli dengan Rumah Kos yang mereka Jaga. Terkadang Penjaga Rumah Kos yang tidak disiplin dapat menjadi sumber masalah Keamanan Rumah Kos.

4. Fasilitas

Fasilitas merupakan tambahan dari Rumah Kos. Fasilitas ini membantu penghuni merasa lebih betah karena mendapatkan hal lebih untuk Tinggal di Rumah Kos. Fasilitas ini seperti Kabel / Satelit TV, Internet yang saat ini mulai dibutuhkan penghuni Rumah Kos, Fitness, Tempat bersantai, Parkir kendaraan, dan lain sebagainya. Fasilitas ini dapat diberikan secara Gratis ataupun perlu dibayarkan.

5. Harga

Survey dulu harga sekitar lingkungan Rumah Kos. Harga ini tentunya sesuai dengan Keadaan dan Fasilitas Rumah Kos yang diberikan. Perhatikan harga yang terlalu murah, apakah ada masalah dengan Rumah Kos ini? ataukah memang murah karena umur Rumah Kos nya yang sudah agak tua. Jangan mentang mentang murah, langsung kita iyakan untuk tinggal di Rumah Kos ini. Periksa dulu semuanya, kita kan tidak mungkin terus berpindah-pindah Rumah Kos. Rumah Kos yang terlalu mahal, tentunya akan menguras kantong. Hitung hitung dulu budget yang memang kita miliki untuk tinggal di Rumah Kos.

Begitu banyak faktor dalam pemilihan Rumah Kos. Rumah Kos yang ideal adalah tentunya memiliki segala yang kita butuhkan dan juga faktor kenyamanan dan keamanan yang baik. Selamat memilih Rumah Kos anda.


sumber : rumahkos.com


Sariawan


Assalamualaikum..

Sariawan sangat tidak menyenangkan, dan entah kenapa semenjak di Surabya ini, aku jadi sering sariawan. Klo uda sariawan, makan ga enak, ngomong ga enak, bicara ga enak, eee sama aja ding. :). Cari2 di Internet nemu artikel tentang sariawan. Dikutip dari www.info-sehat.com


Sariawan atau stomatitis adalah radang yang terjadi pada mukosa mulut, biasanya berupa bercak putih kekuningan. Bercak itu dapat berupa bercak tunggal maupun berkelompok. Sariawan dapat menyerang selaput lendir pipi bagian dalam, bibir bagian dalam, lidah, gusi, serta langit-langit dalam rongga mulut. Meskipun tidak tergolong berbahaya, namun sariawan sangat mengganggu.

Sariawan dapat disebabkan oleh kondisi mulut itu sendiri, seperti kebersihan mulut yang buruk, pemasangan gigi palsu, luka pada mulut karena makanan atau minuman yang terlalu panas, dan kondisi tubuh, seperti adanya alergi atau infeksi.

Sariawan identik dengan kekurangan vitamin C. Kekurangan vitamin itu memang mengakibatkan jaringan di dalam rongga mulut dan jaringan penghubung antara gusi dan gigi mudah robek yang akhirnya menyebabkan sariawan. Namun, kondisi tersebut dapat diatasi jika kita sering mengonsumsi buah dan sayuran.

Sariawan umumnya ditandai dengan rasa nyeri seperti terbakar yang terkadang menyebabkan penderita sulit untuk menelan makanan, dan bila sudah parah dapat menyebabkan demam. Gangguan sariawan dapat menyerang siapa saja, termasuk bayi yang masih berusia 6-24 bulan.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa faktor psikologis (seperti emosi dan stres) juga merupakan faktor penyebab terjadinya sariawan. Kondisi lainnya yang diduga memicu sariawan yaitu kekurangan vitamin B, vitamin C, serta zat besi luka tergigit pada bibir atau lidah akibat susunan gigi yang tidak teratur; luka karena menyikat gigi terlalu keras atau bulu sikat gigi yang sudah mengembang; alergi terhadap suatu makanan (seperti cabai dan nanas); gangguan hormonal (seperti sebelum atau sesudah menstruasi); menurunnya kekebalan tubuh (setelah sakit atau stres yang berkepanjangan); dan adanya infeksi oleh mikroorganisme.

Sariawan dapat diredakan dengan menggunakan beberapa jenis obat, baik dalam bentuk salep (yang mengandung?antibiotika dan penghilang rasa sakit), obat tetes, maupun obat kumur. Saat ini, sudah banyak tersedia pasta gigi yang dapat mengurangi terjadinya sariawan. Jika sariawan sudah terlanjur parah, dapat digunakan antibiotika dan obat penurun panas (bila disertai dengan demam). Sariawan umumnya akan sembuh dalam waktu 4 hari. Namun, bila sariawan tidak kunjung sembuh, segera periksakan ke dokter, karena hal itu dapat menjadi gejala awal adanya kanker mulut.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya sariawan, antara lain yaitu menghindari kondisi stres; sering mengonsumsi buah dan sayuran, terutama yang mengandung vitamin B, vitamin C, dan zat besi; menjaga kesehatan atau kebersihan gigi dan mulut; serta menghindari makanan dan obat-obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada rongga mulut.

OOooo...baru ngerti..

Bulan Juni, ada apa??(1)

Ya..semester 2 telah berlalu. Artinya sekarang adalah libur panjang 2 bulan. Bicara tentang semester 2, bulan Juni adalah bulan paling sibuk, paling berat, paling capek,paling ngeselin, paling...Tapi akhirnya bulan Juni telah lewat. Ini sih yang bisa diceritain...


Kuliah
Bulan juni adalah saatnya membuat final project (FP) praktikum Struktur Data dan tak lupa ada UAS bosss!!! Semester ini memang praktikum hanya 1. Ga kayak semester lalu yang ada 2. Meski cuman 1, tapi kok rasanya ngerjain FP gak sesemangat dulu.

Gara-gara waktu tersita banyak buat proyek animasi, FP dan UAS terbengkalai.

UASku benar-benar ga niat boss.. Agama, PIL, Orkom, KWN semua ngarang bebas. Strukdat tinggal nyonto soal taun lalu. Matdis?? Ampun omm... Kalkulus?? Lumayan lah, dikit2 belajar, belajar semalam doang sih, tapi lumayanlah. UAS selesai beban ilang.

Sekarang mengenai Fp, satu kelompok bareng Asti, Yohan, Dedi Bali, Vega. Dan akupun ditunjuk jadi PM. Yah gpplah, belajar memimpin dan bertanggung jawab. FP bikin apa??

Terbayang bikin simulasi pesawat lengkap dengan rute penerbangan, pemesanan tiket, deelel.. Lalu??

Awal yang bagus, laporan pendahuluan sudah disetujui asisten, dan....

1 hari kemudian ...

2 hari kemudian...

1 minggu ... (tak terurus, gara2 ngerjain animasi)

2 minggu ... (ga nyentuh blas Fpku ini, lagi2 ya animasi)

dst...

Sekarang hari rabu....

”Eh ngumpulin Fpnya kapan sih??” tanyaku,

”Hari Sabtu ini!!!”..

”!!!!!!!!!!!!!”

Aseemm..belum apa2.. Nglembur nih,, semua anggota dikumpulkan. Ayo kerjakan sampe jebol... Apa maksudnya???

Aduh gila.. rasanya ga karuan... program dibuat seadanya boss.. jadi nggak, uda gitu belum di coba-coba, sapa tau banyak bugnya..Hari itu hari minggu di LP, pas hari terakhir pengumpulan program(diundur). Dari siang ampe malam ngerjain tu FP, gak tau gimana caranya pokoknya selesai..

Ada satu insiden yang bikin malu kelompokku. Ceritanya gini, pas aku ma Yohan ngerjain programnya, Asti ma Dedi kusuruh ngerjain laporan programnya. Vega waktu itu ntah kemana. Pas Dedi ngetik bagian Job masing2 anggota kelompok, dia nanya, Vega jadiin apa nih, soalnya ga ikut kerja.

Ku jawab enteng aja ”Penggembira!!” Dan diketiklah kata itu. LhO?? Iya ntar diedit lagi, kan Cuma becanda.

Naaahh!!! Paas waktu mau ngeprint laporan, ga ada yang inget klo laporan itu ada yang salahh… Eiiyaaaa…..

Dua hari kemudian pas demo program ke asisten….

Asti baru nyadar klo laporan yang dikumpulkannya, Vega cuma ditulis sbg penggembira.. A******..... Bisa jadi kejadian yang memalukan.. Aduh gimana nih, Vega ntar gimana, teganya aku.. Gimana ekspresi para asisten penguji klo ngliat laporanku..

Waktu demo tinggal beberapa menit lagi, tapi Vega kok ga nongol2... Apa iya, dia uda tau klo dia Cuma penggembira.. trus ga mau ikutan demo.. L

Berpikir positif, ku coba sms dia. Dan apa yang terjadi kemudian. SMS balasan datang. Isinya seperti ini

Maap, tman ,aku nda ikt demo,nilaiku ksg gpp, maap,aku niat mo prgi dr tc,its.maap y, tman,mksi

Aduh, aku ga bisa ngomong apa-apa lagi, pernyataan seorang yang uda ga kuat dengan kerasnya kuliah di Teknik Computer ITS. Seorang yang uda membulatkan tekat ingin pergi. Menurut kabar, dia diterima di UI.. Semoga dia menemukan dunianya disana.

Giliran kelompokku untuk demo telah tiba,, asisten membaca laporan kami, ekspresi asisten yang uda bisa kuduga. Aduh malunya aku... Bagaimana mungkin di sebuah Final Project Praktikum ada Job penggembira... Di balik malu ini, rasanya pingin ketwa juga, bodohnya aku ini ya... Cerobohnya aku sebagai PM..

Makin ancur aja presentasi program kami, program banyak errornya, dimasukkan A bisa keluar B, dimasukkan satu yang kluar nullpointerexception.. Aaaaaaahhhh...terbayanglah revisi.

Tapi anehnya, meskipun programku ancur ga berbentuk, tapi asisten ga minta kelompokku bikin ulang (kyk kelompok lain yg programnya ga kalah amburadul).

Alhamdulillah.. setidaknya satu beban lagi telah lepas.

Inilah pembagian tugas dikelompok kami

Ahmad Rifai Project Manager, GUI programmer

Yohannes K. Programmer Database

Asti Rahma J. Dokumentasi

Dedi S. GUI desainer

Vega Prima Penggembira(????????)